Pengembangan e-lkpd berbantuan canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 sd kecamatan kota kabupaten kudus

NOOR FITRI, ACHMAD (2024) Pengembangan e-lkpd berbantuan canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 sd kecamatan kota kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan E-LKPD berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 SD; (2) Menganalisis proses pengembangan E-LKPD berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 SD; (3) Menganalisis kelayakan pengembangan E-LKPD berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 SD; (4) Menganalisis Efektivitas E-LKPD berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas 6 SD. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian pengembangan (reasearch & development) dengan menggunakan model Sugiyono yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produk massal. Pengujian validitas instrumen tes menggunakan rumus korelasi product momen pearson dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Huberman. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dianalisis untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Efektifitas media pembelajaran yang diukur dengan rumus Uji T dengan membandingkan thitung dan ttabel. Berdasarkan rekapitulasi hasil validasi oleh validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli bahasa, hasil validasi termasuk dalam kategori sangat valid. Diperoleh skor 3,48 pada validasi ahli materi, skor 3,49 pada validasi ahli media dan skor 3,60 pada validasi ahli bahasa. Total rata-rata yang didapatkan 3,52 yang artinya masuk dalam kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan Canva sangat valid dan layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil uji efektivitas E-LKPD berbantuan Canva melalui dua tahap yang pertama uji prasyarat dengan menguji normalitas dan homogenitas dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian yang kedua membandingkan nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen untuk mengetahui kriteria efektivitas E-LKPD berbantuan Canva. Berdasarkan uji normalitas bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama memiliki P-value > α yang bearti H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai nilai Sig sebesar 0,822, yang menunjukan H0 diterima sehingga kelas kontrol dan kelas eksperimen berasal dari varians yang sama. Hasil uji efektivitas kelas kontrol berada pada kategori cukup efektif dengan perolehan nilai 73.95 yang berada pada rentang nilai antara 65-75. Sedangkan perhitungan pada kelas eksperimen berada pada kategori efektif dengan perolehan nilai 83.34 yang berada pada rentang nilai antara 80-89. Sehingga kesimpulan akhir adalah E-LKPD berbantuan Canva efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar materi oprasi penjumlahan bilangan bulat kelas 6 SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sumaji, M. Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Erik Aditya Ismaya, S.Pd. MA
Kata Kunci: Bahan Ajar, E-LKPD, Canva, Literasi
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:51
Last Modified: 06 Aug 2024 18:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item View Item