Pengembangan model project-based learning (pjbl) berbasis kearifan lokal materi wirausaha ips kelas vi sd kecamatan mayong Kabupaten jepara

Hidayah,, Umi Nur (2024) Pengembangan model project-based learning (pjbl) berbasis kearifan lokal materi wirausaha ips kelas vi sd kecamatan mayong Kabupaten jepara. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian untuk (1) Menjelaskan model faktual model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal di SD, (2) Menjelaskan desain model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pemahaman IPS di SD, (3) Menjelaskan model hipotetik model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pemahaman IPS di SD setelah melalui uji validasi, (4) Menjelaskan model final model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pemahaman IPS di SD setelah melalui uji terbatas. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tujuh langkah, antara lain: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Penelitian dilakukan melalui 4 kegiatan antara lain: 1) menganalisis model pembelajaran, 2) pengembangan desain model pembelajaran, 3) kelayakan model pembelajaran yang digunakan, dan 4) efektifitas penggunaan model pembelajaran. Sumber data dengan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Ujicoba dilaksanakan di SDN 1 Pancur sebagai kelas eksperimen sedangna SDN 3 Pancur sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui pengamatan, kuesioner, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.0. keefektifan model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal dianalisis melalui uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Prototipe yang dikembangkan berupa model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal terbukti valid karena di atas tolok ukur. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk model pembelajaran PjBL. Produk yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru. Produk ini divalidator oleh ahli materi, model pembelajaran dan praktisi pada tahap dua masing-masing 88,00; 90,00, dan 90,00 kriteria “sangat layak”. Penggunaan model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase prettest pada kelas kontrol dan eksperimen, yaitu 61,67 dan 60,53. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 76,33 dan 88,68. Hasil N-Gain kelas Eksperimen 0,73 sedangkan kelas kontrol 0,35. Uji t diperoleh nilai t hitung = 0,000 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Pengembangan model pembelajaran Project-based learning berbasis kearifan lokal terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif. Selain itu produk ini dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI di sekolah dasar di Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 Dr,Irfai Fathurohman S,Pd, M,Pd DOSEN PEMBIMBING 2 Dr,Erik Aditia Ismaya S,Pd M,A
Kata Kunci: Project based learning, kearifan lokal, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:54
Last Modified: 06 Aug 2024 18:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item