Pengembangan modul jelajah sains berbasis al-qur’an dalam discovery-inquiry learning untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini

PANCA WARDANI, WAHYUNI (2024) Pengembangan modul jelajah sains berbasis al-qur’an dalam discovery-inquiry learning untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFATR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFATR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar modul jelajah sains berbasis Al-Qur’an dalam discovery-inquiry learning untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi pendidik dalam mendukung pembelajaran sains. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model Borg and Gall. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara, angket dan tes. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan anak di TK Islam Orbit, TK Aisyiyah Al Amin, dan TKII Al Abidin di Kecamatan Banjarsari Surakarta. Hasil penelitian diperoleh bahwa produk modul pembelajaran discovery�inquiry learning dengan eksperimen sains berbasis Al-Qur’an untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Surakarta yang telah dikembangkan dan memenuhi unsur kelayakan format panduan yakni kelayakan sistematika penyajian, penulisan, dan kegrafikan. Produk modul pembelajaran discovery-inquiry learning dengan eksperimen sains berbasis Al�Qur’an untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Surakarta yang telah dikembangkan memenuhi unsur kelayakan isi materi dalam prosedur pembelajaran. Kelayakan isi materi ini menunjukkan bahwa pembelajaran discovery-inquiry learning dengan eksperimen sains berbasis Al�Qur’an untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Surakarta telah layak digunakan sebagai media pembelajaran guru PAUD. Produk pembelajaran discovery-inquiry learning dengan eksperimen sains berbasis Al�Qur’an untuk menumbuhkan sikap ilmiah anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Surakarta yang telah dikembangkan memiliki bukti keefektifan dalam mengarahkan sikap ilmiah siswa PAUD. Bukti keefektifan modul sains berbasis Al-Qur’an dalam discovery-inquiry learning untuk anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Surakarta ini dapat di gunakan oleh guru karena memiliki kelayakan teoritis dan praktis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Mochamad Widjanarko, M.Si, DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Agung Slamet Kuswanto, S.Pd., M.Pd Kons.,
Kata Kunci: modul jelajah sains berbasis Al-Qur’an, model pembelajaran discovery-inquiry learning, sikap ilmiah anak usia dini.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 19:17
Last Modified: 06 Aug 2024 19:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21876

Actions (login required)

View Item View Item