Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran Di sekolah dasar kecamatan kota kudus

PURWANINGSIH, ENY (2024) Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran Di sekolah dasar kecamatan kota kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, 2) menentukan konstruk instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, dan 3) mengetahui visibilitas/kemudahan pemakaian instrumen penilaian kinerja guru di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D), merujuk pada pendapat Borg & Gall yang disesuaikan menjadi enam tahapan yakni: 1) studi pendahuluan yang meliputi pengumpulan informasi dan kebutuhan data, 2) identifikasi kebutuhan, 3) penyusunan instrumen penilaian, 4) uji coba instrumen, 5) seleksi instrumen, dan 6) implementasi. Sebagai subjek penelitian adalah instrumen dan objek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan kepala sekolah di SD Muhammadiyah Birrul Walidain, SD 1 Barongan, dan SD 1 Rendeng. Keabsahan data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Instrumen dikembangkan mengacu pada Borg & Gall dengan butir instrumen penilaian ditekankan pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik; 2) Konstruk instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran meliputi lima aspek/komponen, yaitu pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 24 butir, teknologi pembelajaran terdiri dari 3 butir, pembelajaran individu terdiri dari 9 butir, motivasi mengajar terdiri dari 9 butir, dan iklim pembelajaran terdiri dari 9 butir. Instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran memiliki koefisien content vlidity 1; hasil pengukuran Kaiser – Meyer – Olkin (KMO) sebesar 0,722; MSA (Measure of Sampling Adequacy) > 0,5 dan reliabilitas > 0,9. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, instrumen penilaian kineja guru valid dan reliabel; 3) Penilaian visibilitas/kemudahan oleh kepala sekolah tempat penelitian dilaksanakan memberikan skor tinggi dalam kategori sangat baik. Dari penelitian disarankan, bahwa: 1) instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu suplemen PKG bagi kepala sekolah dasar untuk mengetahui kinerja guru, 2) instrumen penilaian kinerja guru dalam pembelajaran yang dikembangkan menitik beratkan dari sisi persepsi peserta didik, oleh karena itu sebaiknya dilengkapi dengan penilaian diri sebagai refleksi, penilaian teman sejawat, dan penilaian atasan, 3) kepada peneliti dapat melakukan penelitian pengembangan sejenis dengan menggunakan subjek penilai yang lain, megingat kinerja guru sekolah dasar meliputi kelas rendah dan kelas tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Su’ad, M.Pd., sebagai dosen pembimbing I Dr. Drs. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd., sebagai dosen pembimbing II
Kata Kunci: instrumen, penilaian, kinerja, pembelajaran, SD.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 20:51
Last Modified: 06 Aug 2024 20:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item