Pengaruh model ctl dan model quantum learning terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sd kabupaten kudus

SYAEFUDIN, SYAEFUDIN (2024) Pengaruh model ctl dan model quantum learning terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sd kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD dan mendeskripsikan perbedaan pengaruh model pembelajaran CTL dan Quantum Learning terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD. Model CTL adalah model yang mengakui bahwa belajar hanya terjadi jika siswa memproses informasi atau pengetahuan baru sehingga dirasakan masuk akal sesuai dengan kerangka berfikir yang dimilikinya. Model quantum learning merupakan sebuah model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar menyenangkan melalui interaksi-interaksi di dalam kelas serta menekankan dan memberikan manfaat bermakna bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV SD di Kecamatan Dawe sebanyak 59 Sekolah. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan terpilih SD 5 Kandangmas, SD 3 Cranggang, SD 2 Puyoh dan SD 1 Cendono yang berada di kecamatan Dawe. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Metode analasis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran CTL berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS siswa sebesar 87,9%. (2) penerapan model pembelajaran Quantum Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS siswa sebesar 91.2%. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa. Hasil belajar IPAS siswa dengan penerapan model pembelajaran CTL sebesar 87,9% sedangan hasil belajar IPAS siswa model pembelajaran Quantum Learning sebesar 91,2%. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan model CTL memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa Kelas IV SD. (2) penerapan model quantum learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa Kelas IV. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa Kelas IV SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: CTL, Quantum Learning, IPA
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 23:56
Last Modified: 06 Aug 2024 23:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21898

Actions (login required)

View Item View Item