Efektivitas problem based learning dan project basic learning berpendekatan tarl terhadap hasil belajar ppkn kelas vi di kecamatan juwana - pati

KUNDONO, KUNDONO (2024) Efektivitas problem based learning dan project basic learning berpendekatan tarl terhadap hasil belajar ppkn kelas vi di kecamatan juwana - pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar kelas VI Tema 2 Subtema 2 Rukun dalam Perbedaan di Kecamatan Juwana-Pati, (2) untuk menjelaskan model Project Basic Learning berpendekatan TaRL efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VI Tema 2 Subtema 2 Rukun dalam Perbedaan di Kecamatan Juwana-Pati, dan (3) untuk menganalisis efektifitas model Problem Based Learning) dibandingkan dengan model Project Basic Learning berpendekatan TaRL terhadap hasil belajar kelas VI Tema 2 Subtema 2 Rukun dalam Perbedaan di Kecamatan Juwana-Pati. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi experimental dengan desain nonequivalen control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VI Gugus Jendral Sudirman dengan sampel di SDN Bakaran Kulon 02, SDN Langgenharjo 02, dan SDN Genengmulyo 02. Teknik dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji efektivitas hasil belajar siswa terhadap model Problem Based Learning dan Project Based Learning berpendekatan TaRL yakni uji beda rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian menujunkan bahwa (1) hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan model Problem Based Learning lebih baik daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 5,640 > ttabel 1,686, (2) hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan model Project Based Learning berpendekatan TaRL lebih baik daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai 6.046 > ttabel 1,685, dan (3) hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan model Problem Based Learning lebih baik daripada model Project Based Learning berpendekatan TaRL. Hal ini dapat dilihat dari nilai nilai thitung -1.163 < ttabel 1,686. Simpulan dan saran pada hasil penelitian ini yakni guru hendaknya lebih sering melakukan refleksi diri tentang kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan agar dapat memperbaiki kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya, dan tingkat kemampuan siswa dalam proses pembelajaran perlu diperhatikan dengan harapan belajaran akan lebih bermakna.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Wawan Shokib Rondli. M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Su’ad. M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Pendekatan TaRL, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 18:33
Last Modified: 07 Aug 2024 18:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21903

Actions (login required)

View Item View Item