Perancangan sistem informasi pengelolaan bank sampah menggunakan customer relationship management (crm) di bank sampah asri raharjo

YOGA FIRMANSYAH, UTOMO (2024) Perancangan sistem informasi pengelolaan bank sampah menggunakan customer relationship management (crm) di bank sampah asri raharjo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstrak

Bank Sampah Asri Raharjo merupakan bank sampah pertama di Kabupaten Pati yang didirikan pada tahun 2013 dan diresmikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai percontohan. Bank Sampah ini berperan penting dalam pengelolaan limbah dan praktik ramah lingkungan di wilayah tersebut. Namun, bank sampah menghadapi tantangan dalam pengelolaan sampah dan pencatatan transaksi yang efisien karena proses bisnis dilakukan secara manual. Untuk mengatasi tantangan ini, perlu dirancang sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan efisien. Oleh karena itu penulis ingin mengembangkan perancangan "Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Menggunakan Customer Relationship Management (CRM) di Bank Sampah Asri Raharjo" yang akan menghadirkan digitalisasi pendataan sampah, sistem pencatatan transaksi, pelaporan otomatis, dan integrasi data. Pengembangan sistem ini akan mengikuti metode waterfall untuk pendekatan yang terstruktur dan linear. Selain itu, metode Trend Analysis akan digunakan untuk menganalisis perkembangan keuangan bank sampah dan penyetoran sampah. Interaksi antara pengguna akan dioptimalkan melalui penerapan metode Customer Relationship Management (CRM) untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, serta partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Untuk pembangunan sistem menggunakan model waterfall, yaitu bagian dari metode Software Development Life Cycle (SDLC). Unified Modelling Language (UML) digunakan untuk melakukan perancangan pada sistem ini. UML yaitu suatu bahasa untuk visualisasi sebuah struktur model sebuah software yang akan dibuat. Setelah perancangan tersebut, maka diimplementasikan menjadi sebuah produk sistem yang berbasis web, bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Javascript dengan framework Next.js dan sistem manajemen basis data yang digunakan adalah Firebase.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Fajar Nugraha, S.Kom., M.Kom. Yudie Irawan, S.Kom., M.Kom.
Kata Kunci: Sistem Informas Pengelolaan; Bank Sampah ; Customer Relationship Management; Trend Analysis; Waterfall; Web Development, Next.js
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Sistem Informasi Manajemen
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:22
Last Modified: 13 Aug 2024 00:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item