ANGGI KUSUMANINGRUM, YUNDA (2024) Konsep diri pada mahasiswa cosplayer Di kota kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Cosplay, sebagai salah satu praktik dalam budaya populer, melibatkan lebih dari sekadar berdandan dan berperan sebagai karakter. Para cosplayer menginvestasikan banyak waktu, uang, dan usaha untuk menciptakan kostum dan mempelajari karakter yang mereka perankan. Aktivitas ini juga merupakan bentuk ekspresi pribadi yang menyimpang dari konvensi budaya arus utama. Melalui cosplay, para penggemar dapat mengekspresikan diri dan meniru karakter fiksi favorit mereka. Mereka menemukan kepuasan dalam kemampuan mereka untuk membuat orang lain senang melalui peran yang mereka mainkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri mahasiswa cosplayer di Kota Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi kepada tiga informan mahasiswa cosplayer di Kota Kudus dengan identifikasi informan bersedia memberikan keterangan mengenai cosplay dan telah memiliki minat dalam dunia anime dan cosplay selama minimal 3 tahun. Mereka juga telah mengenal kebudayaan populer Jepang, terutama dalam dunia anime dan cosplay, serta memiliki pengalaman mengikuti event cosplay atau jejepangan setidaknya tiga kali. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah koding dan uji kredibilitas menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri para cosplayer dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pandangan diri mereka sendiri, respon orang lain terhadap mereka, peran yang mereka ambil dalam kehidupan sehari-hari, dan kelompok referensi mereka. Kelompok referensi ini dapat berupa komunitas cosplay, yang memberikan dukungan, inspirasi, dan panduan bagi para cosplayer. Meskipun menghadapi tantangan seperti manajemen waktu dan biaya, para cosplayer tetap antusias dan bangga atas kontribusi mereka dalam komunitas cosplay.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M. |
Kata Kunci: | anime, cosplay, cosplayer, jepang, konsep diri, mahasiswa, manga |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 20:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 20:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
