Sistem informasi rekomendasi layanan & produk pada klinik kecantikan griya ayu menggunakan metode k means

Suciyanti, Ella Awwalia (2024) Sistem informasi rekomendasi layanan & produk pada klinik kecantikan griya ayu menggunakan metode k means. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Klinik Kecantikan Griya Ayu merupakan salah satu klinik kecantikan yang ada di Jawa Tengah dan sudah memiliki 12 cabang yang tersebar di kota Jepara, Kudus, Pati, dan Solo dan Demak. Klinik ini bergerak di bidang perawatan kecantikan, mulai dari penjualan produk kecantikan seperti skincare, kosmetik, dan bodycare, serta menyediakan pelayanan kecantikan seperti perawatan wajah, haircare, dan pijat. Meskipun pelayanan yang ditawarkan sangat lengkap, memungkinkan adanya permasalahan yang terjadi. Griya Ayu saat ini masih kurang dalam mengelola hubungan dengan pelanggan/pasien. Hal ini tentunya dikhawatirkan pelanggan akan beralih ke klinik kecantikan lainnya. Oleh sebab itu, untuk menciptakan loyalitas dalam meningkatkan hubungan, mempertahankan, serta menarik pelanggan baru, penulis akan merancang sistem yang memudahkan Klinik Kecantikan Griya Ayu dalam melakukan pengelolaan pelanggan secara efektif. Dengan menggunakan metode K-Means, klinik ini dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan pola dan karakteristik yang serupa. Algoritma K-Means akan membantu dalam segmentasi pelanggan sehingga Griya Ayu dapat memahami kebutuhan, preferensi, dan riwayat pelanggan secara lebih mendalam. Dengan pengelompokan ini, klinik dapat, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, segmentasi yang dihasilkan dari metode K-Means memungkinkan klinik untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien, serta memberikan penawaran yang sesuai dengan karakteristik masing-masing segmen pelanggan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ir. Muhammad Arifin S.Kom., M.Kom Dosen Pembimbing: 2. Yudie Irawan, S.Kom., M.Kom
Kata Kunci: Sistem Informasi Rekomendasi Layanan & Produk pada klinik kecantikan griya ayu menggunakan metode k-means.
Subjects: Ilmu Murni > Matematika
Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:30
Last Modified: 13 Mar 2025 06:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item