FITRIA RAHAYU, NUR LAILI (2024) Analisis strategi pemasaran umkm makanan dan minuman di wilayah kecamatan gembong dengan pendekatan swot. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Fenomena menurunnya jumlah UMKM makanan dan minuman di Kecamatan Gembong Pati mencerminkan kondisi umum yang sering dialami UMKM di berbagai daerah. Data dari survei lapangan menunjukkan bahwa banyak UMKM menghadapi kendala dalam berbagai aspek, seperti akses modal yang terbatas, kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran yang efektif, persaingan yang ketat dengan usaha sejenis, dan kurangnya dukungan dari pemerintah setempat dalam hal pembinaan dan pengembangan usaha. Hal ini menunjukkan perlunya meningkatkan daya saing dan kelangsungan UMKM, terutama dalam sektor makanan dan minuman yang memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Pada UMKM, memiliki kekuatan utama, seperti harga jual yang kompetitif dan konsistensi rasa, dapat dimaksimalkan untuk memanfaatkan peluang pasar yang luas dan kerjasama dengan distributor dan tren oleh- oleh.Meskipun terdapat kelemahan seperti produk tidak tahan lama, UMKM dapat mengatasinya dengan strategi yang tepat, seperti fokus pada kualitas dan keamanan produk serta pengembangan produk inovatif. Faktor eksternal seperti persaingan dan tren makanan yang berubah-ubah juga dapat dihadapi dengan strategi seperti evaluasi berkala dan adaptasi produk.Dengan memanfaatkan potensi dan kesempatan yang ada, serta menerapkan strategi yang sesuai untuk mengatasi kelemahan dan tantangan, UMKM Makanan dan Minuman di Kecamatan Gembong Pati dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dina Lusianti, S.E., M.M. AAK Dosen Pembimbing: 2. Faridhatun Faidah, S,E., M.M |
Kata Kunci: | Strategi, Pemasaran, UMKM, SWOT |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:56 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
