Enerapan layanan bimbingan kelompok tekhnik modelling simbolik untuk meningkatkan etika berbicara di sekolah pada siswa kelas viii smp 3 bae

NISA, KHOIRUN (2024) Enerapan layanan bimbingan kelompok tekhnik modelling simbolik untuk meningkatkan etika berbicara di sekolah pada siswa kelas viii smp 3 bae. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk mengatasi berbicara kasar pada siswa kelas VIII SMP 3 Bae Kudus 2. Diperolehnya penurunan dalam kebiasaan berbicara kasar siswa SMP 3 Bae Kudus setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik pada siswa kelas VIII SMP 3 Bae Kudus. Bimbingan kelompok dapat diartikan sbagai suatu cara memberikan bantuan (pembimbing) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Teknik modelling simbolik merupakan suatu cara penyajian model pembelajaran dalam bentuk penokohan melalui material tertulis, gambar/cerita, rekaman audio atau video, film atau slide yang berpotensi mempengaruhi pengamatnya sehingga mendorong pengamat untuk mencoba/meniru tingkah laku model yang disajikan tersebut. Etika berbicara merupakan hal yang mengatur berbagai baik serta buruknya seseorang ketika berbicara dilingkup masyarakat sehingga dapat diterima dalam kehidupan sosial lingkungan tertentu. Tak jarang umumnya kehidupan sosial seseorang dilihat dari etika berbicaranya Hipotesis penelitian ini adalah 1.Layanan Bimbingan Kelompok dengan Tekhnik Modelling Simbolik Dapat Mengatasi Berbicara Kasar untuk Siswa Kelas VIII SMP 3 BAE 2.Perilaku Berbicara Kasar Dapat diatasi Melalui Layanan Kelompok dengan Tekhnik Modelling Simbolik untuk Siswa Kelas VIII SMP 3 BAE. Penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan di SMP 3 Bae Kudus dengan subjek penelitian & siswa. Variabel penelitian: variabel terikat adalah mengatasi berbicara kasar dan variabel bebas adalah bimbingan kelompok dengan tehnik modelling simbolik. Analisis data yang dilakukan dengan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus tedapat 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan aktunya 40 menit. Subjek yang diteliti adalah 8 siswa yang kurang memiliki kebiasaan berbicara kasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Drs.Arista Kiswantoro, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Tehnik Modelling Simbolik, Etika Berbicara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 May 2025 05:08
Last Modified: 10 May 2025 05:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23730

Actions (login required)

View Item View Item