Rosyani Wijaya, Dewi (2024) Layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan datang ke sekolah pada siswa smp negeri 4 bae kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Kedisiplinan merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Salah satu bentuk kedisiplinan di sekolah adalah dengan tidak terlambat datang ke sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kedisiplinan datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 4 Bae Kudus menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penerapan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan datang ke sekolah, 2. Mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan datang ke sekolah. Kedisiplinan datang ke sekolah merupakan perilaku yang harus dimiliki tiap siswa untuk menaati aturan dan tata tertib yang ada disekolah. Setiap siswa juga harus dapat menghargai waktu dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya tercipta kedisiplinan dalam dirinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti adalah Pre Eksperimental design one group pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah disproportionate startifed random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII E dengan menyebarkan pretest untuk mengetahui jumlah subjek penelitian yang dibutuhkan layanan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan bimbingan kelompok teknik self management (pretest) keadaan kedisiplinan siswa memiliki nilai rata-rata 57,25 sedang (S), dan setelah dilaksanakannya pemberian layanan bimbingan kelompok teknik self management (posttest) kedisiplinan siswa mengalami peningkatakan dengan nilai rata-rata skor 82,25 sangat tinggi (ST). Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat perbrdaan yang signifikan mengenai kedisiplinan siswa datang ke sekolah sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management, dengan signifikan 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan kedisiplinan datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 4 Bae Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Meningkatkan Kedisiplinan Datang Ke Sekolah, Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 May 2025 01:47 |
Last Modified: | 14 May 2025 01:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
