Maharani, Nova Yasmine (2024) Meningkatkan kepercayaan diri pada siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring di sma 1 bae kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Kepercayaan diri adalah keyakinan yang memungkinkan individu memiliki pandangan positif terhadap diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar. Pandangan positif ini memungkinkan seseorang untuk mengoptimalkan potensinya. Layanan bimbingan kelompok yang menggunakan teknik cognitive restructuring dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam bagi siswa. Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA 1 Bae Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kepercayaan diri. 2. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode pre-test dan post-test dengan satu kelompok. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas X E11. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri, sementara variabel bebasnya adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring (pre-test), siswa memiliki kepercayaan diri yang rendah dengan rata-rata 103,75. Setelah diberikan layanan tersebut (post-test), nilai kepercayaan diri meningkat menjadi 155,24, dengan kenaikan sebesar 49,64%. Dari hail uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring, dengan nilai signifikan 0,000, yang berada di bawah 0,05 (0,000 < 0,005). Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Selain itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan dalam permasalahan yang berbeda untuk menguatkan layanan bimbingan kelompok denagn teknik cognitive restructuring.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
