The students’ perception of learning procedure text by using realia media at the tenth grade of sman 2 bae kudus

Wulandari, Khoiriyah (2024) The students’ perception of learning procedure text by using realia media at the tenth grade of sman 2 bae kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Untuk mengajar bahasa Inggris secara efektif, perlu menggunakan media yang tepat. Ada banyak media yang digunakan, salah satunya adalah media realia. Realia digunakan untuk menggambarkan hal-hal nyata, benda-benda konkret yang dapat digunakan di kelas untuk mengembangkan pengetahuan dasar dan kosa kata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap belajar teks prosedur dengan menggunakan media realia di kelas X SMAN 2 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan data guna memahami fenomena tertentu. Untuk mengumpulkan data peneliti akan menggunakan dua instrumen, yaitu angket dan wawancara. Temuan dari aspek interest menunjukkan sebagian besar persepsi positif (83%), disamping tanggapan netral (16%) dan negatif (1%). Aspek benefit mayoritas siswa menyatakan sebagian persepsi siswa positif (80%), yang menyatakan netral (18%) dan persepsi negatif (2%). Aspek terakhir yaitu hambatan siswa menyatakan setuju dengan kurangnya media realia dalam tabel untuk mengajarkan teks prosedur (13%), selain itu, sebagian siswa juga menyatakan netral (24%) dan mayoritas siswa menyatakan tidak setuju dengan beberapa kekurangan media realia dalam mengajarkan teks prosedur dari tabel di atas (63%). Dari ketiga aspek itu media realia yang digunakan untuk mengajarkan teks prosedur memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar siswa. Siswa tidak merasa bingung ketika belajar dengan menggunakan media realia dan siswa lebih paham jika menggunakan media realia daripada jika dijelaskan secara langsung. Oleh karena itu media realia dapat membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif ketika mengamati dan dapat membangkitkan motivasi serta merangsang siswa untuk belajar. Kesimpulannya, bahwa adanya media realia untuk mengajarkan teks prosedur memberikan pengaruh positif bagi siswa untuk belajar, dapat membuat pembelajaran siswa menjadi lebih baik lagi dan berdasarkan hasil wawancara juga dapat dipastikan bahwa media realia memberikan dampak positif bagi siswa dengan pembelajaran menggunakan media realia karena membuat siswa lebih memahami pelajaran daripada dijelaskan secara langsung. Untuk saranya yaitu peneliti berharap realia media dapat membantu siswa dalam pembelajaran teks prosedur, peneliti berharap guru dapat menggunakan media ini dengan berbagai variasi untuk pembelajaran siswa karena dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rismiyanto S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Perception, Realia Media, Procedure Text
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 04:53
Last Modified: 15 May 2025 04:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item