SUCI BA’DADZANI, CAHYANINGTYAS (2024) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v sd 2 jurang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V serta menganalisis faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan karena pemahaman konsep matematis pada siswa menempati hal pertama yang harus dikuasai oleh siswa. Pemahaman konsep matematis siswa merupakan suatu kemampuan siswa untuk memahami sebuah gagasan atau pengertian atau konsep matematika dan mampu mengaitkan dalam keadaan lainnya. Indikatornya adalah (1) menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, (2) mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, (3) menerapkan konsep secara alogaritma, (4) memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep yang dipelajari, (5) menyajikan konsep dalam berbagai representasi, dan (6) mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal dan eksternal. Penelitian kualitatif ini akan dilaksanakan di kelas V SD 2 Jurang dengan subjek penelitian 8 siswa dengan teknik purposive sampling pada penentuan subjeknya. Data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara dan hasil analisis pekerjaan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasii. Teknik keabsahan data pada penelitian menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data pada ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada 8 subjek, dapat diketahui bahwa hanya 2 subjek menguasai 6 indikator, 2 subjek menguasai 5 dari 6 indikator, 2 subjek menguasai 4 dari 6 indikator, dan 2 subjek menguasai 1 dari 6 indikator pemahaman konsep matematika. Subjek penelitian yang mampu menguasai kemampuan pemahaman konsep matematika 6 indikator memiliki motivasi belajar matematika, kesehatan, dan bakat baik. Serta memiliki lingkungan keluarga yang mendorong subjek untuk belajar di rumah. Penelitian ini dapat menjelaskan terkait kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas V SD 2 Jurang. Setelah diketahui terkait kemampuan pemahaman konsep matematika kelas V SD 2 Jurang maka dapat diberikan Solusi untuk kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika untuk menjadi lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Faktor - Faktor yang mempengaruhi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:13 |
Last Modified: | 16 May 2025 02:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
