Efektivitas model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas iv sd negeri 4 welahan

WIDYANINGRUM, SINTYA LAILY (2024) Efektivitas model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas iv sd negeri 4 welahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 4 Welahan pada muatan IPAS. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall, (2) menganalisis peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 4 Welahan sebelum dan sesudah menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall. Kemampuan literasi sains adalah kemampuan untuk memahami isu sains berdasarkan fakta yang digali dengan menggunakan kompetensi sains, sehingga mampu untuk memecahan masalah sains dan perubahannya. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan bimbingan dari guru, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan penyelidikan, analisis, dan pemecahan masalah yang esensial dalam menghadapi tantangan akademik dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, digunakannya media pembelajaran berupa game edukatif wordwall guna menunjang proses pembelajaran di kelas serta meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain PreEksperimental One-Group Pretest Posttets Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan indikator literasi sains The Test of Scientific Literacy Skill. Tempat penelitian ini di kelas IV SD Negeri 4 Welahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh serta menggunakan analisis data berupa uji validitas, uji normalitas, uji T, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian Paired Sample T-Test dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga terdapat perbedaan rata-rata skor pretest sebesar 67.75 dan posttest sebesar 83.25 serta hasil uji N-Gain dengan rata-rata sebesar 0.48 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 4 Welahan, (2) adanya peningkatan skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan game edukatif wordwall terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 4 Welahan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Siti Masfuah, M.Pd. Dosen pembimbing: 2.Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Inkuri Terbimbing, Game Edukatif, Literasi Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 02:38
Last Modified: 16 May 2025 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23807

Actions (login required)

View Item View Item