Khoirul Akhid, Muhammad (2024) Analisis faktor keterlambatan kemampuan membaca siswa kelas 5 sd 6 kandangmas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pendidikan adalah sesuatu kegiatan penting dalam diri manusia. Melalui pendidikan setiap individu dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Secara umum jantung dari pendidikan adalah dengan membaca. Dengan membaca seseorang dapat mendapatkan pengetahuan serta wawasan yang luas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD 6 Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten kudus peneliti menemukan bahwa ada 5 peserta didik yang berada di kelas 5 kesulitan dalam kemampuan membaca. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan membaca peserta didik yang masih kurang padahal sudah berada di kelas tinggi atau sudah berada di kelas 5. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan langkah langkah yang dilakukan guna mengatasi keterlambatan kemampuan membaca siswa kelas 5 SD 6 Kandangmas. Membaca adalah kegiatan mencari dan menemukan informasi yang terdapat pada sebuah teks bacaan dengan memahami dan mendalami sandi-sandi tulis (huruf, suku kata dan kata). Membaca bukan hanya sekedar memperhatikan kumpulan-kumpulan kata tetapi membaca merupakan kegiatan memahami makna yang terkadung dalam bacaan. Kemampuan membaca adalah kesanggupan peserta didik dalam memahami huruf dan lambang-lambang tulisan yang kemudian di ucapakan dengan memperhatikan ketepatan dalam menyuarakan tulisan, kebenaran lafal, kesesuaian intonasi, serta kelancaran dan kejelasan suara. Siswa dapat mengalami keterlambatan membaca yang dipengaruhi oleh faktor fisiologis, intelektual, lingkungan, sosial ekonomi, dan psikologis. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 6 Kandangmas dengan subjek penelitian 5 siswa kelas V SD 6 Kandangmas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode naturalistik. Pengambilan sampel dan sumber informasi dilakukan dengan non probability sampling denga teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu model Milles dan Hubermasn yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Irfai Fathurohman M.Pd. Dpsen Pembimbing: 2. L.K Kironoratri M.Pd. |
Kata Kunci: | keterlambatan Membaca,Kemampuan Membaca, Keterampilan Berbahasa, Upaya Mengatasi Keterlambatan membaca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 01:36 |
Last Modified: | 17 May 2025 01:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
