Penerapan model cooperative script berbantuan media alat peraga tarbol untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas v pada mata pelajaran ipas di sd 1 jati wetan kudus

Puspitasari, Puteri (2024) Penerapan model cooperative script berbantuan media alat peraga tarbol untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas v pada mata pelajaran ipas di sd 1 jati wetan kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media tarbol dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS SD 1 Jati Wetan Kudus tahun ajaran 2024/2025 (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media tarbol dalam meningkatkan keterampilan guru pada mata pelajaran IPAS kelas V SD 1 Jati Wetan Kudus tahun ajaran 2024/2025, (3) mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media tarbol terhadap peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD 1 Jati Wetan Kudus tahun ajaran 2024/2025. Keaktifan belajar siswa merupakan proses pembelajaran yang mengarah kepada pengoptimalisasian yang melibatkan intelektual-emosional siswa dalam proses pembelajaran dengan melibatkan fisik siswa. Model Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Alat peraga tarbol merupakan sebuah media pembelajaran permainan yang berbentuk lingkaran atau bundar dan dapat diputar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Jati Wetan dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keaktifan belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,60 kualifikasi rendah, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,63 kualifikasi cukup. (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,66 kualifikasi rendah, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,63 kualifikasi tinggi (3) ketuntasan belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 64,71%, dengan nilai rata-rata 77,12 pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83,25% dengan nilai rata-rata 85,25. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Cooperative Script Berbantuan Media Alat Peraga Tarbol dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS di SD 1 Jati Wetan tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model Cooperative Script, Media Tarbol, Keaktifan Belajar Keterampilan Guru dan IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 01:43
Last Modified: 17 May 2025 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23827

Actions (login required)

View Item View Item