ALAWIYAH, TUTI (2024) Analisis penerapan kurikulum merdeka materi pola hidup bergotong royong mata pelajaran pendidikan pancasila kelas iv sdn 1 bologarang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kurikulum Merdeka belajar memberi kebebasan dan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan santai, tenang, tanpa tekanan, dan mengembangkan bakat alami. Guru diharapkan jadi penggerak untuk mendukung pelaksanaan merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan dan faktor penghambat dalam penerapan Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh guru pada materi Pola Hidup Bergotong Royong pada kelas IV di SDN 1 Bologarang Grobogan tahun 2023/2024. Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pendidikan yang memberika n kebebasan kepada guru dan siswa dalam pembelajaran. Materi "Pola Hidup Bergotong Royong" di Pendidikan Pancasila bertujuan menanamkan nilai kolaborasi dan solidaritas. Faktor penghambat penerapannya meliputi minat siswa yang bervariasi, kesulitan adaptasi terhadap kurikulum baru, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naratif. Data primer diperoleh melalui observasi langsung di lapangan serta wawancara dengan guru kelas IV dan siswa. Data sekunder diperoleh dari arsip, dokumen, dan foto. Uji keabsahan data penelitian kualitatif meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka pada materi "Pola Hidup Bergotong Royong" di kelas IV SDN 1 Bologarang sesuai dengan konsep kurikulum tersebut. Pengajaran mencerminkan fleksibilitas dan relevansi, serta melibatkan siswa secara aktif. Materi berhasil mengintegras ika n nilai-nilai kebersamaan dan kolaborasi, mendukung pembentukan karakter siswa. Dalam perencanaan, guru menganalisis capaian pembelajaran dan menyiapka n modul ajar, serta menggunakan metode problem-based learning dan pembelajaran berbasis komunitas. Meskipun 4 dari 6 siswa mendapatkan nilai tinggi, beberapa siswa masih pasif. Faktor penghambat meliputi minat siswa, adaptasi terhadap kurikulum baru, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan kurikulum merdeka menunjukkan hasil yang positif, perhatian perlu diberikan pada faktor-faktor penghambat untuk meningkatkan keterlibatan semua siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi. S. Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kurikulum Merdeka, Gotong Royong, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 17 May 2025 01:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
