KUDSIYAH, HADIROTUL (2024) Pengembangan e-modul sastra anak berbasis kearifan lokal demak sebagai buku pengayaan untuk siswa kelas iv sdn kerangkulon 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kesulitan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada siswa kelas IV SDN Kerangkulon 1 disebabkan oleh minat baca rendah, kurangnya motivasi literasi, dan terbatasnya media pembelajaran menarik. Penggunaan bahan ajar berupa buku dan LKS membuat siswa kurang antusias, sehingga perlu alternatif bahan ajar yang lebih menarik, seperti modul elektronik. Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan untuk pengembangan modul elektronik sastra anak berbasis kearifan lokal Demak siswa kelas IV di SDN Kerangkulon 1, mengembangkan prototipe modul elektronik sastra, dan menguji validitas media modul elektronik sastra anak berbasis kearifan lokal Demak. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan metode Research and Development (R&D) yang dilaksanakan di SD Negeri Kerangkulon 1 Demak tepatnya pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif meliputi uji validitas. Hasil penelitian ini yaitu (1) Analisis kebutuhan siswa yang mengungkapkan bahwa 100% siswa kurang memahami materi pelajaran teks sastra Indonesia secara memadai. Sebanyak 67% siswa kesulitan memahami teks bacaan. Selain itu, 83% siswa belum mengetahui kearifan lokal yang ada di daerahnya. (2) Penelitian pengembangan ini membuat media pembelajaran emodul berbasis kearifan lokal, pembelajaran bahasa Indonesia, dan bahan bacaan anak terkait kearifan lokal Kabupaten Demak dengan ilustrasi yang menarik secara visual, serta soal latihan dan soal uji kompetensi dan soal essay untuk membantu siswa dalam memahami mata pelajaran. (3) Hasil validasi setelah diperiksa oleh ahli media menghasilkan nilai persentase sebesar 98% dan 85% dengan kriteria layak. Validator ahli materi memperoleh persentase skor 85% dan 84% dengan kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran e-modul berbasis kearifan lokal yang dinilai layak digunakan untuk mengatasi permasalahan pemahaman materi sastra Indonesia dan kearifan lokal yang dialami oleh siswa. E-modul tersebut dilengkapi dengan ilustrasi menarik secara visual serta soal-soal latihan yang dapat membantu siswa dalam memahami mata pelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoatri, M.Pd. |
Kata Kunci: | E-modul, Sastra, Kearifan Lokal, Buku Pengayaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:08 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
