WIJAYANTO, SUGENG PANGESTU (2024) Peningkatkan keterampilan berbicara menggunakan media pop up book garuda indonesia untuk siswa kelas iii sd negeri 02 ngembal kulon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Keterampilan berbicara siswa di dalam kelas dirasa cukup kurang, seperti kegiatan bercerita. Hal tersebut dibuktikan dengan kenyataan dari hasil observasi dan wawancara dari peneliti di SD Negeri 02 Ngembal Kulon. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, mengkaji aktivitas belajar siswa dan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam peningkatkan keterampilan berbicara menggunakan media pop up book pramuka untuk siswa SD Negeri 02 Ngembal Kulon. Media pop up book merupakan buku yang di dalamnya terdapat objek berupa gambar berbentuk tiga dimensi ketika halamannya dibuka. Media pop up book memberikan pengalaman khusus kepada pembaca dalam cerita tersebut seperti menggeser, membuka, dan melipat bagian. Media pop up book lebih mudah masuk kedalam ingatan dalam penggunaannya karena membuat kesan tersendiri ketika membacanya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 02 Ngembal Kulon pada siswa kelas III dengan subjek penelitian 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman penilaian keterampilan berbicara siswa dalam bentuk kegiatan bercerita, pedoman observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman observasi keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dengan menggunakan media pop up book garuda Indonesia kelas III SD Negeri 02 Ngembal Kulon. Hasil keterampilan berbicara siswa tersebut diperoleh nilai rata-rata persentase 70% pada siklus I, kemudian dilanjutkan pada siklus II menjadi 80% dalam kategori terampil. Aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata 68,75%, pertemuan kedua diperoleh rata-rata 74,5%, pertemuan ketiga diperoleh rata-rata 78,75%, dan pertemuan keempat diperoleh rata-rata 87,75%. Keterampilan mengajar guru pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata 78,35%, pertemuan kedua diperoleh rata-rata 81,25%, pertemuan ketiga diperoleh rata-rata 87,5%, dan pertemuan keempat diperoleh rata-rata 92,5%. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilaksanakan pada kelas III SD Negeri 02 Ngembal Kulon, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan media pop up book dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Berbicara, Media Pop Up Book |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:25 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
