Ilmiyatul Amalia, Laila (2024) Peningkatan hasil belajar ipas melalui penerapan model project based learning berbantuan kopikegaya kelas iv sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi keragaman sosial dan budaya di indonesia dengan diterapkannya model Project Based Learning siswa kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Hasil belajar merupakan proses perubahan tingkah laku pada orang dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti yang dalamnya terdiri dari pemahaman konsep dan keterampilan proses. Hasil belajar ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Model pembelajaran Project Based Learning adalah pembelajaran yang dilakukan secara kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 5 anggota. Setiap anggota harus saling bekerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan kepada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain yang subjek penelitiannya berjumlah 27 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki, 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning, dengan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar pada pelajaran IPAS dijadikan sebagai variable terikat. Wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data kuantitatif dan kualitatif digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 81% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Sedangkan pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dari pretest hingga posttest yaitu sebesar 54,31%. Peningkatan hasil belajar keterampilan proses juga dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar, keaktifan dan kerja sama dalam berkelompok. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan dampak positif pada ketuntasan nilai khususnya pemahaman konsep. Nilai rata-rata pada data awal sebesar 69,81 yang diperoleh oleh 8 siswa dengan memiliki ketuntasan sebesar 30%. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74,81 dengan ketuntasan 56% Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 81,48 dengan ketuntasan siswa mencapai 78% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPAS memberi dampak positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Project Based Learning, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:50 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
