Noor Aini, Alvina (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) berbantuan media utagorong terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menguji seberapa besar peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran berbantuan media UTAGORONG terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD 2 Tengggeles. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik satu sama lain sehingga peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ular tangga merupakan permainan papan dengan menggunakan bidak, dadu, dan papan ular tangga yang dapat dimainkan untuk semua kalangan dan harus dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pada penelitian ini akan menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memuat materi gotong royong (UTAGORONG). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest dalam satu kelompok. Sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, dilakukan pengukuran hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model NHT berbantuan media UTAGORONG terhadap hasil belajar, dan uji n gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model NHT berbantuan media UTAGORONG Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media UTAGORONG efektif dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas IV SD 2 Tenggeles dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil uji statistik paired sample t-test menunjukkan hasil signifikan antara nilai pretest dan posttest peserta didik (p < 0,05) Analisis skor nilai N Gain juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media UTAGORONG. Mayoritas peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori tinggi, dengan nilai N Gain sebesar 0,707. Hal ini menegaskan efektivitas model pembelajaran NHT berbantuan media UTAGORONG dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Moh. Syafruddin Kuryanto, M.Or. |
Kata Kunci: | Numbered Head Together (NHT), media UTAGORONG, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 03:42 |
Last Modified: | 17 May 2025 03:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
