Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) berbantuan media utagorong terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sd 2 tenggeles

Noor Aini, Alvina (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) berbantuan media utagorong terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menguji seberapa besar peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran berbantuan media UTAGORONG terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD 2 Tengggeles. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik satu sama lain sehingga peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ular tangga merupakan permainan papan dengan menggunakan bidak, dadu, dan papan ular tangga yang dapat dimainkan untuk semua kalangan dan harus dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pada penelitian ini akan menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memuat materi gotong royong (UTAGORONG). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest dalam satu kelompok. Sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, dilakukan pengukuran hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model NHT berbantuan media UTAGORONG terhadap hasil belajar, dan uji n gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model NHT berbantuan media UTAGORONG Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media UTAGORONG efektif dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas IV SD 2 Tenggeles dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil uji statistik paired sample t-test menunjukkan hasil signifikan antara nilai pretest dan posttest peserta didik (p < 0,05) Analisis skor nilai N Gain juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media UTAGORONG. Mayoritas peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori tinggi, dengan nilai N Gain sebesar 0,707. Hal ini menegaskan efektivitas model pembelajaran NHT berbantuan media UTAGORONG dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Moh. Syafruddin Kuryanto, M.Or.
Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), media UTAGORONG, Pendidikan Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 03:42
Last Modified: 17 May 2025 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item