Setyaningrum, Venoricca Lilis (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah ipas siswa kelas v sd 6 bulung kulon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Dalam proses pembelajaran siswa kelas V SD 6 Bulung Kulon menerapkan kurikulum merdeka. Hasil nilai uji coba soal sesuai 4 Indikator pemecahan masalah siswa masih dibawah nilai rata-rata yaitu, 45 nilai tersebut masih jauh dari nilai KKM. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD 6 Bulung Kulon belum optimal. Model PBL merupakan model pembelajaran yang menghadirkan sebuah permasalahan yang nyata serta dapat melatih siswa untuk memahami masalah, menyusun strategi, melaksanakan strategi, serta menemukan solusi. Audiovisual merupakan video pembelajaran. Penggunaan media ini mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah merupakan menyelesaikan masalah dengan bantuan Audiovisual lebih efektif dalam pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kunatitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD 6 Bulung Kulon dengan subjek 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain Hasil penelitian uji hipotesis pertama dengan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai yang diberoleh sebesar 68,89. Sedangkan pada hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau taraf kesalahan 0.000, yang berarti Asymp. Sig. (2-tailed) <0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari kedua uji tersebut membuktikan bahwa terdapat efektivitas dari penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media Audivisual terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS siswa kelas V SD 6 Bulung Kulon. Dengan demikian model pembelajaran PBL berbantuan media Audiovisual sangat cocok dan mendukung dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Audiovisual, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 17 May 2025 04:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
