IKA YULIANTI, HIQMATUL (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd materi pengukuran luas dan volume berbantuan media ppt. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V sebagai kelas studi pendahuluan hasil belajar siswa tergolong rendah. Karena 68,75% siswa hasil belajarnya masih belum tuntas dan hanya 31,25% siswa yang tuntas. Hasil wawancara dengan guru kelas IV juga menunjukkan hal yang sama, yakni hasil belajar siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen nantinya masih rendah. Karena 62,5% siswa masih belum tuntas dan hanya 37,5% siswa yang tuntas. Dengan nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 70. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model Problem Based Learning atau yang biasa disebut dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru. Dalam penelitian ini juga menggunakan bantuan media PPT atau media yang dapat menampilkan gambar dan animasi yang dapat menarik perhatian siswa saat pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Bogotanjung 02 dengan jumlah sampel 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest-posttest yang diberikan sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat, uji paired sample t-test dan uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Paired Sample t- Test diperoleh nilai signifikasi 0,00 dimana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pengukuran luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Power Point. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas IV setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran PPT berpengaruh sebesar 0,39 dengan kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media PPT terbukti efektiv dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, sehingga dapat menjadi inovasi bagi guru untuk dikembangkan pada materi lain agar meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media PPT. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 17 May 2025 04:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
