Pengaruh model pembelajaran pbl berbasis stem berbantu media bunga pecahan terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika di sd 2 demaan

NINGRUM, VIRA AYU (2024) Pengaruh model pembelajaran pbl berbasis stem berbantu media bunga pecahan terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika di sd 2 demaan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas III di SD 2 Demaan dalam mengikuti pembelajaran tematik khususnya pada muatan pelajaran Matematika. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL Berbasis STEM berbantuan media bunga pecahan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PBL Berbasis STEM berbantuan media bunga pecahan di SD 2 Demaan. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menelaah berbagai informasi sebagai acuan untuk menghadapi persoalan. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran PBL berbasis STEM dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah dan matematika melalui pemecahan masalah nyata yang terkait dengan teknologi. Serta penggunaan media bunga pecahan merupakan media pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran matematika yang berhubungan dengan konsep materi pecahan secara sederhana. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan indikator berpikir kritis FRISCO yang dijabarkan antara lain F (Focus), R (Reason), I (Inference), S (Situation), C (Clarity), dan O (Overview). Tempat penelitian di kelas III SD 2 Demaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji-T, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan pengujian dari uji paired sample statistic t- test menunjukan nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest (57) dan posttest (80) siswa. Dan hasil uji N-gain dengan rata-rata sebesar 0,45 yang artinya kriteria peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM berbantu media bunga pecahan mendapat peningkatan dengan kriteria sedang Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan media bunga pecahan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SD 2 Demaan. Serta adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan media bunga pecahan di SD 2 Demaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, STEM, Bunga Pecahan, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 04:45
Last Modified: 17 May 2025 04:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23850

Actions (login required)

View Item View Item