Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model pembelajaran superitem berbasis media multicon (multiplication concept) pada kelas ii sekolah dasar

ROHMAH, FADILA NUR (2024) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model pembelajaran superitem berbasis media multicon (multiplication concept) pada kelas ii sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran Superitem berbantuan media Multicon (Multiplication Concept) pada aspek pengetahuan konsep perkalian. Hasil rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep sangat rendah yaitu 63,80. Kurangnya penguasaan kemampuan pemahaman konsep dikarenakan guru belum tepat dalam memilih cara atau media dalam pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan penguasaan sejumlah materi pembelajaran, dimana siswa tidak sekedar mengenal dan mengetahui, tetapi mampu mengulas kembali konsep serta mampu mengaplikasikannya. Model pembelajaran Superitem merupakan pembelajaran yang diawali dengan tugas yang sederhana kemudian meningkat pada yang lebih kompleks. Media Multicon (Multiplication Concept) merupakan media yang membantu pemahaman siswa dalam memahami konsep perkalian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang berjumlah 21 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Superitem dan media Multicon (Multiplication Concept). Serta variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa kelas II SD 1 Padurenan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dimana rata-rata pada siklus I sebesar 80,42 dengan kriteria baik dan siklus II 86,19 dengan kriteria sangat baik hingga mencapai presentase klasikal 85,71%. Serta meningkatnya aktivitas belajar siswa sebesar 2,62 dengan kriteria baik dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran Superitem berbantuan media Multicon (Multiplication Concept). Dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran Superitem berbasis media Multicon (Multiplication Concept) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian kelas II SD 1 Padurenan. Saran dalam penelitian ini agar terdapat pengembangan media penelitian pada penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Diana Ermawati, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Superitem, Media Multiplication Concept.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 04:50
Last Modified: 17 May 2025 04:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23851

Actions (login required)

View Item View Item