Pengaruh sikap dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (ipas) siswa kelas v sekolah dasar kecamatan mayong

Dwi Fahriani, Rosie (2024) Pengaruh sikap dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (ipas) siswa kelas v sekolah dasar kecamatan mayong. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Pembelajaran IPAS di sekolah dasar menjadi tantangan bagi siswa, terutama karena sikap dan minat belajar yang rendah dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap dan minat belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar. Sikap belajar adalah kecenderungan atau kesiapan siswa dalam merespon proses pembelajaran. Sedangkan minat belajar adalah rasa ketertarikan dan perhatian siswa terhadap suatu mata pelajaran yang mendorong keinginan untuk mempelajari dan memahami materi lebih dalam. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian adalah 37 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS dengan nilai sig. 0,001 < 0,05. Selain itu, minat belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai 0,000 < 0,05. Sikap dan minat belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 75% terhadap hasil belajar siswa pada uji regresi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sikap dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sikap dan minat salah satu faktor psikologis yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V, sehingga perlu diterapkan metode pengajaran yang efektif dan lebih menarik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Sikap siswa, Minat belajar, Hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 04:56
Last Modified: 17 May 2025 04:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23852

Actions (login required)

View Item View Item