Representasi kemampuan kognitif dalam karya gambar tema budaya kearifan lokal kudus muatan ipas pada siswa kelas iv sd

DIANA SARI, TRI (2024) Representasi kemampuan kognitif dalam karya gambar tema budaya kearifan lokal kudus muatan ipas pada siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tingkat pemahaman dan menganalisis proses siswa dalam mengimplementasikan kemampuan kognitif pada karya gambar tema budaya kearifan lokal Kudus muatan IPAS pada siswa kelas IV SD 1 Mijen. Mencari tahu apa yang diperlukan siswa di Kudus, seperti meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka atau bagaimana mereka dapat memasukan ide-ide tentang warisan budaya kota yang kaya ke dalam kehidupan mereka saat ini adalah manfaat utama dari penelitian ini. Kemampuan siswa tentang pengetahuan, informasi, dan keterampilan intelektual adalah contoh perilaku kognitif. Dan materi muatan IPAS diharapkan mampu menarik perhatian siswa terhadap materi IPAS sehingga dapat meningkatkan hasil kognitif siswa yang terlibat dalam perilaku kognitif ini dengan fokus belajar tentang budaya lokal Kudus dalam konteks penyaringan gambar menggunakan apa yang mereka lihat untuk menganalisis data pengetahuan, kecintaan siswa terhadap tradisi suci tanah air dapat bertumbuh dan imajinasi mereka dapat berkembang. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Mijen Kecamatan Kaliwungu kabupaten Kudus Jawa Tengah menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Studi kasus adalah suatu inkuiri empiris yang menyelidiki fenomena di dalam konteks kehidupan nyata. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, rekap arsip, wawancara, observasi dan perangkat fisik. Metode yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemampuan kognitif siswa SD 1 Mijen menjadi fokus penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat diasumsikan bahwa siswa kelas empat SD 1 Mijen memiliki pemahaman yang cukup untuk makna tema-tema Budaya Lokal, yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengukur kempuan kognitif individu dari subjek mereka. Budaya kearifan lokal di Kudus menjadi sumber pembelajaran sejarah lokal, agar generasi penerus mengenal dan menanamkan apresiasi mendalam terhadap pertahanan asli yang tahan terhadap perkembangan zaman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Gambar, Budaya Lokal Kudus, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 05:25
Last Modified: 17 May 2025 05:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23855

Actions (login required)

View Item View Item