Maulida, Dwi Husna (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran contextual teaching learning terhadap kemampuan literasi siswa pada pembelajaran tematik kelas vi sd di gugus pangudi luhur kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik yang menghambat pengembangan ide dalam pikiran siswa. Kurangnya pengembangan aktivitas belajar yang melibatkan siswa menyebabkan kemampuan literasi siswa menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL dan CTL terhadap kemampuan literasi siswa kelas VI SD di Gugus Pangudi Luhur dalam mata pelajaran tematik SD Kelas VI Tahun Pelajaran 2023/2024”. Penelitian ini mencari peningkatan yang terjadi dari pengaruh dua model pembelajaran yaitu problem based learning dan model pembelajaran contextual teaching and learning. Model pembelajaran PBL merupakan pendekatan yang efektif untuk pembelajaran proses berpikir tingkat tinggi. Sedangkan model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan sistem pembelajaran yang merangsang otak untuk menyusun pola-pola yang mewujudkan makna dengan cara mencari, mengolah dan menemukan pengalaman yang bersifat konkret. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI SD di Gugus Pangudi Luhur Kabupaten Pati yang berjumlah 65 orang. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji T menunjukkan model Problem Based Learning lebih baik daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,304> tabel 1,6819, (2) hasil uji T menunjukkan model Contextual Teaching And Learning lebih baik daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai 2,105 > ttabel 1,679, dan (3) hasil uji T menunjukkan model problem based learning lebih meningkatkan kemampuan literasi siswa daripada model contextual teaching and learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata PBL 81,94 dan nilai rata-rata CTL 80,95. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dan contextual teaching and learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi siswa pada pembelajaran tematik kelas VI SD di Gugus Pangudi Luhur Kabupaten Pati. Simpulan dan saran pada hasil penelitian ini yakni guru hendaknya lebih sering melakukan refleksi diri tentang kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan agar dapat memperbaiki kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya agar pembelajaran lebih bermakna.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sri Surachmi W, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengaruh, model pembelajaran, kemampuan literasi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
