CAHYANTI, DEWI (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media flipbook untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru mengajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook pada siswa kelas V SD 1 Kedungdowo dengan materi cahaya. Hasil belajar IPAS memuat dua elemen yaitu elemen pemahaman IPAS dan keterampilan proses. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan kondisi pembelajaran aktif yang memicu masalah dan mendorong siswa untuk mampu berpikir koperatif dan kritis. Media flipbook adalah inovasi dari buku ajar konvensional yang bersifat interaktif dengan serangkaian fitur dan navigasi yang bervariasi secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya didukung menggunakan animasi, video, tulisan, gambar yang sesuai dengan isi buku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Kedungdowo dengan subjek penelitian 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, 15 siswa perempuan dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan guru mengajar dan hasil belar siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi keterampilan guru mengajar pada siklus I memperoleh skor 95 (82%) dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan skor 109 (94%) kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa elemen pemamaham IPAS pada siklus I memperoleh nilai rata-rata siswa 75 dan ketuntasan klasikal 71% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal 93% kategori sangat baik. Hasil belajar elemen keterampilan proses juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor 442 presentase 65,75% dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh sebesar 490 presentase 72,98%, sehingga pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,23%. Penerapan model pembelajaran Problem Bases Learning (PBL) berbantuan media flipbook dapat meningkatkan hasil belajar IPAS dan keterampilan guru mengajar. Peneliti memberi saran agar model pembelajaran Problem Bases Learning (PBL) dapat diterapkan pada pembelajaran dan dikembangkan dengan media yang lebih variatif sesuai dengan materi pembelajaran agar siswa lebih semangat dan aktif dalam belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning (PBL), Flipbook, Hasil Belajar dan Keterampilan Guru Mengajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:02 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
