Wahyuningsih, Santi (2024) Pengembangan metode cooperative integrated reading and composition (circ) untuk meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa serta mendeksripsikan peningkatannya. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tireman dan SDN 1 Ukir Sale Kabupaten Rembang yang berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 51,74% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 72,41%, pada percobaan I, dan diakhir tindakan sebesar 83,3% pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Tireman dan SDN 1 Ukir Sale Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Editiya Ismaya. M.A Dosen Pembimbing: 2. Dr. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | metode; circ; pokok pikiran; teks. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:22 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
