SOFIANTI, ERIN (2024) Implementasi model tgt berbantuan media motaku pada materi nilai mata uang rupiah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pada penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan kemampuan hasil belajar siswa yang masih kurang baik karena masih banyak hasil belajar siswa yang kurang dari KKTP terutama pada pembelajaran matematika. Terkait dengan itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan perbedaan antara rata-rata pretest dan rata-rata posttest pada kemampuan nilai mata uang rupiah dalam pembelajaran matematika menggunakan model TGT berbantuan media MOTAKU, dan (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model TGT berbantuan media MOTAKU. Model TGT merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang mengajak partisipasi aktif seluruh siswa dalam bentuk kerja kelompok dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan pemahaman bagi siswa. Media MOTAKU (Monopoli Kota Kudus) salah satu media yang tergolong pada media monopoli namun terdapat perbedaan karena terdapat unsur kearifan lokal kota kudus. permainan monopoli ini cukup populer di kalangan siswa dan relatif mudah untuk dimainkan. Penelitian dilaksanakan di SD 3 Barongan dengan sampel 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu one group pretest- posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Variabel bebas yang digunakan adalah model TGT berbantuan media MOTAKU dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas 4 SD 3 Barongan pada materi nilai mata uang rupiah. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Penerapan model TGT berbantuan media MOTAKU terhadap hasil belajar siswa didapatkan hasil skor rata-rata pretest 64,88 dan rata-rata posttest 77,25 yang menunjukkan perbedaan skor rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Hasil uji N-Gain didapatkan hasil 0,35 dengan kategori sedang, yang menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 dengan ketuntasan hasil pretest terdapat 15 % siswa yang dinyatakan tuntas, sedangkan hasil posttest yang dinyatakan tuntas sebesar 75 %. Setelah dilakukan uji statistik diperoleh hasil bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest siswa, (2) terdapat peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa secara keseluruhan pada kategori sedang. Berdasarkan dari hasil uji statistik tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model TGT berbantuan media MOTAKU berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | TGT, MOTAKU, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:39 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
