Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap minat dan hasil belajar pada materi bangun ruang berbasis budaya lokal masyarakat di sd kecamatan tawangharjo grobogan

Suharyono, Suharyono (2024) Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap minat dan hasil belajar pada materi bangun ruang berbasis budaya lokal masyarakat di sd kecamatan tawangharjo grobogan. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual yang menarik, menyenangkan, dan efektif serta mengetahui peningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa berbasis budaya lokal pada materi bangun ruang, khususnya pada kelas VI SD di Tawangharjo Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengetahu minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kontekstual matematika materi bangun ruang limas dan kerucut berbasis budaya lokal masyarakat di kecamatan tawangharjo Grobogan yang berjumlah 92 siswa dari seluruh siswa di Kecamatan Tawangharjo yaitu SDN 1 Jono dan SDN 1 Mayahan sebagai kelas kontrol serta SDN 2 Mayahan sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara melalui angket minat belajar siswa, data hasil belajar siswa. Analisis data yang dicari normalitas, homogenitas, n gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Data hasil penelitian diperoleh dalam empat pertemuan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penggunaan pembelajaran efektif meningkatkan minat belajar matematika siswa. Minat belajar pada kelas kontrol mencapai rerata 75,44% sedang di kelas eksperimen mencapai rerata 89,61%. Kemudian pada hasil belajar siswa pada kelas kontrol mencapai rerata 75,40% sedang di kelas eksperimen mencapai rerata 88,33%. Dengan demikian, peningkatan minat dan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 4,434 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Kesimpuln yang diperoleh bahwa Model Pembelajaran Kontekstual berbasis budaya lokal masyarakat di kecamatan Tawangharjo Grobogan berpengaruh meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Disarankan agar guru mengunakan model pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal daerah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Nur Fajrie, M.Pd
Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, minat dan hasil belajar, budaya lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 02:00
Last Modified: 20 May 2025 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item