Pengaruh pembelajaran berdeferensiasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar ipas di kelas iv sekolah dasar

RAHAYU, TITAH (2024) Pengaruh pembelajaran berdeferensiasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar ipas di kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menganalisis pengaruh pembelajaran berdeferensiasi terhadap hasil belajar IPAS, 2) menganalisis pengaruh pembelajaran berdeferensiasi terhadap motivasi belajar IPAS, 3) membandingkan hasil belajar dan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran berdeferensiasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV di SD Negeri Babak Tulung sebagai kelompok eksperimen dan siswa di SD Negeri Baturno sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t dan uji gain untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berdeferensiasi terhadap hasil belajar IPAS, dengan skor rata-rata posttest pada kelompok eksperimen sebesar 71,96 dan kelompok kontrol sebesar 67,96 2) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berdeferensiasi terhadap motivasi belajar IPAS, dengan respon siswa kelompok eksperimen sebesar 88,5% dan kelompok kontrol sebesar 80,4%.Uji t menunjukkan nilai t hitung = 4,234 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Erik Aditya Ismaya, M.A.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdeferensiasi, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, IPAS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 07:01
Last Modified: 20 May 2025 07:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item