AISYAH, SITI (2024) Pengembangan media maritem dalam pembelajaran ipas pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1)menganalisis kebutuhan pengembangan media maritem dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem pada siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Diponegoro Jakenan (2) mendeskripsikan desain pengembangan media maritem dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem pada siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Diponegoro Jakenan (3) membuktikan kelayakan media maritem dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem pada siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Diponegoro Jakenan, (4) membuktikan keefektifan media maritem dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem pada siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Diponegoro Jakenan Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan menggunakan Brog and Gall dengan mengimplementasikan 7 langkah yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01, SDN Tambahmulyo 02 serta SDN Kedungmulyo. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan ahli. Penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data yakni wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Instrument yang diaplikasikan adalah angket. Angket validasi ditujuakan kepada ahli media, materi, bahasa. Serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media maritem sangat dibutuhkan dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem. Media maritem memuat apersepsi, tujuan, materi, video, quiz, evaluasi, petunjuk, dan profil pengembang. Perolehan skor 3,26 dengan kriteria sangat layak dari validasi ahli media, ahli materi memperoleh skor 3,22 kategori kriteria layak, serta memperoleh skor 3,50 dengan kategori sangat layak dari validasi ahli bahasa. Selain itu, angket respon siswa dan guru memperoleh skor 3,64 dan 3,63 kategori sangat layak semua. Penelitian ini n gain kelas eksperimen 0,57 sedangkan kelas kontrol 0,39 sehingga hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Adapun nilai signifikansi uji t- independen lebih kecil dari 0,05 yakni sebesar 0,001 berarti ada perbedaan antara siswa yang mengikuti kegiatan belajar menggunakan media maritem dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan. Sedangkan nilai signifikansi uji t- berpasangan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 artinya ada perbedaan prestasi belajar pada siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan media maritem Kesimpulan dalam penelitian ini, media maritem dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem efektif digunakan pada siswa kelas V SD di Gugus Diponegoro Jakenan. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat memanfaatkan produk media maritem dalam pembelajaran IPAS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr Khamdun, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr.Wawan Shokib Rondli, S.Pd. M.Pd. |
Kata Kunci: | media, maritem, pembelajaran IPAS SD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:30 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
