Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang berorientasi pada hasil belajar peserta didik kelas iv sd

Muhanik, Siti (2024) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang berorientasi pada hasil belajar peserta didik kelas iv sd. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Etnomatematika merupakan matematika yang menyinggung atau berhubungan dengan budaya di daerah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain proses pengembangkan bahan ajar,menguji kelayakan bahan ajar,dan menguji keefektifan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika pada materi Bangun Datar. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku ajar yang dalam setiap kegiatan pembelajarannya menggunakan tahapan berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan ahli. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan siswa,guru dan ahli. Instrument yang diaplikasikan adalah angket. Angket validasi ditujuakan kepada ahli media, materi, bahasa. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan adalah pengembangan bahan ajar berbasis Etnomatematika dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kelas IV SD. Pengembangan bahan ajar berbasis Etnomatematika materi Kearifan lokal dikembangkan menggunakan model 4D dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan rata-rata hasil presentase validasi ahli yaitu: ahli media 92,65% ,ahli materi 96,4 %,dan ahli Bahasa 95,4 % dengan kategori “sangat layak”,sedangkan respon siswa 97,5%, guru 97,3% dengan kategori “ sangat layak”. Penggunaan bahan ajar berbasis Etnomatematika efektif digunakan dalam pembelajaran bangun datar. Dengan rerata hasil belajar pretest kelas kontrol dan eksperimen.posttest yaitu kelas eksperimen 81,00, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol, 71,00 Artinya, Ada perbedaan hasil belajar posttest pada kelas kontrol dan eksperimen, yaitu hasil belajar posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,60 kategori sedang. Dengan demikian pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Etnomatematika kategori efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr.Sumaji,M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Etnomatematika, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 07:37
Last Modified: 20 May 2025 07:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23913

Actions (login required)

View Item View Item