KURNIASARI, SINDI WAHYU (2024) Analisis nilai-nilai sosial tradisi gusjigang sebagai sumber belajar ipas di sd 5 cendono. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Istilah Gusjigang sangat populer, terutama bagi warga Kudus yang tinggal di sebelah barat Kudus, tepatnya disekitar area Menara Kudus. Konsep Gusjigang yang terdiri dari suku kata ‘gus’ berarti bagus memiliki akhlak yang baik, ‘ji’ berarti pintar mengaji dan ‘gang’ berarti dagang sebagai ketrampilan bertahan hidup. Dalam penelitian ini bertujuan agar mengetahui dan nilai-nilai yang terkandung dalam Tradisi Gusjigang. Nilai-nilai sosial adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar agar dapat mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Kualitatif Narrative Inquiry yang akan dilaksanakan di Desa Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus. Objek yang akan diteliti adalah Tradisi Gusjigang dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, pencatatan dan pemotretan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis Narrative kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Gusjigang merupakan wujud kearifan lokal. Tradisi Gusjigang mencakup menjaga, melestarikan, dan menerapkan warisan budaya yang menunjukkan kesediaan untuk membantu sesama dan berbagi rezeki kepada yang membutuhkan. Nilai-nilai sosial penting seperti keagamaan, kejujuran, kerjasama dan gotong royong, tanggung jawab, yang ditanamkan melalui tradisi ini dapat dijadikan sumber pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar, memperkuat ikatan sosial dan budaya. Kesimpulan penelitian ini yaitu Tradisi Gusjigang mengajarkan nilai-nilai sosial kejujuran, kerjasama, gotong royong, dan tanggung jawab yang memperkuat ikatan sosial dan membantu siswa membangun sikap sosial.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Nilai-Nilai Sosial, Tradisi Gusjigang, Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:35 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
