KURNIAWAN, SATRIYO BAGUS (2024) Penerapan metode silaba berbantuan media flip chart untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas ii di sd 2 burikan kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menguasai keterampilan membaca permulaan yang dilihat dari hasil observasi dan tes awal dari 22 siswa kelas II SD 2 Burikan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca kata yang sering ditemui siswa sehari-hari dengan menerapkan metode silaba bebantuan media pembelajaran flip chart dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Silaba merupakan salah satu metode pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam melatih keterampilan membawa permulaan dengan cara kupas rangkai dari suka kata menjadi kata dan akhirnya menjadi kalimat sederhana. Media flip chart atau papan balik merupakan lembaran-lembaran besar seperti kalender yang berisikan konten-konten yang akan disampaikan kepada siswa. Membaca permulaan merupakan tahapan membaca paling dasar yang terjadi pada siswa kelas rendah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis & McTaggart dengan langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Variabel bebas metode silaba, sedangkan variabel terikat keterampilan membaca pemrulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode silaba berbantuan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD 2 Burikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil tes membaca terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 73% dengan kriteria “cukup” menjadi 81% dengan kriteria “baik”. Hasil tes membaca permulaan meningkat secara signifikan, pada pra siklus hanya mendapat ketuntasan klasikal 55% pada kategori tidak berhasil. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I memperoleh 68% dan meningkat pada siklus II menjadi 82% pada kategori berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode silaba berbantuan media pembelajaran flip chart dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD 2 Burikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Rani Setiawaty, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Metode Silaba, Media Flip Chart, Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:21 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
