Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sederhana menggunakan model pbl berbantuan media flash card kelas iv sd n 4 besito

NOVITA, DELIA (2024) Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sederhana menggunakan model pbl berbantuan media flash card kelas iv sd n 4 besito. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan menulis teks prosedur sederhana, dan aktivitas peserta didik melalui model PBL berbantu media Flash card pada peserta didik kelas IV SD N 4 Besito. Teks prosedur sederhana adalah teks yang menjelaskan suatu langkah- langkah atau cara dalam melaksanakan suatu hal. Media Flash card digunakan untuk membantu peserta didik dalam mengurutkan kartu yang kemudian dibuat menjadi sebuah teks perosedur. Model PBL digunakan untuk menegmbangkan prsoes belajar dimana peserta didik mampu memecahkan masalah dan mendiskusikan dengan temannya, kemudian hasil diskusi tersebut di presentasikan. Model ini akan di terapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks prosedur kelas IV. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah menerapkan model PBL berbantu media Flash card dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dan aktivitas peserta didik kelas IV SD N 4 Besito. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Besito dengan subjek penelitian 24 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Variabel bebas adalah model PBL berbantu media Flash card. Variabel terikat adalah keterampilan menulis teks prosedur. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media Flash Card meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 64 dengan ketuntasan klasikal 50%, sementara pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 80 dengan ketuntasan klasikal 88%. Hal ini menegaskan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kualitas keterampilan menulis siswa. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam aktivitas belajar peserta didik sepanjang penelitian. Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 60,5% pada siklus I menjadi 83,5% pada siklus II. Model PBL berbantuan media Flash Card mendorong peserta didik untuk aktif dalam memecahkan masalah dan berkolaborasi, yang berdampak positif pada tingkat keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Yuni Ratnsari,S.Si,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri,S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model PBL, Flash card, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 02:51
Last Modified: 22 May 2025 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item