MAULIDA, AULA ZAHIROTUL (2024) Penerapan sq3r berbantuan media komunang untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas v sdn 4 karangrowo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas peserta didik, dan kemampuan membaca pemahaman melalui Model SQ3R Berbantuan Media KOMUNANG pada peserta didik kelas V SDN 4 Karangrowo. SQ3R digunakan untuk memberikan motivasi membaca pemahaman. Model ini diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi bab 7 subbab 2 tentang menentukan ide pokok dan kalimat utama kalimat penjelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Media KOMUNANG dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas peserta didik dan kemampuan membaca pemahaman kelas V SDN 4 Karangrowo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas V SDN 4 Karangrowo dengan subjek penelitian 23 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Variabel bebas adalah SQ3R. Variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus 1 76,5% kriteria “cukup”, sedangkan pada siklus 2 mencapai presentase 94,5% kategori “sangat baik”. Aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan siklus 1 mencapai presentase 68,5% kriteria “perlu bimbingan”, sedangkan pada siklus 2 mencapai 93,5% kriteria “sangat baik”. Terdapat kemampuan membaca pemahaman siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 71,97 mencapai presentase 52,17% kriteria “perlu bimbingan” , sedangkan pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 84,19 mencapai presentase 86,95% kriteria “sangat baik” sehingga pada siklus 2 dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Penerapan model SQ3R berbantuan media KOMUNANG dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas peserta didik, dan kemampuan membaca pemahaman. Peneliti memberikan saran agar model SQ3R dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan menggunakan media yang lebih variatif sesuai dengan materi sehingga peserta didik lebih semangat dan dapat lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Alfin Hidayati, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model SQ3R, KOMUNANG, Kemampuan membaca pemahaman. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:15 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
