Soeprobo, Nalini Tyas (2013) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGUBAH PECAHAN KE BENTUK PERSEN DAN DESIMALPADA PESERTA DIDIKKELAS V SD 2 WERGUKULON. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Halaman Sampul)
1._Judul_Skripsi.pdf - Accepted Version Download (516kB) |
PDF (Bab 1)
2._Bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
3._Bab_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
4._Bab_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
5._Bab_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
6._Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
7._Bab_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (145kB) |
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Soeprobo, NaliniTyas. 2013. Penerapan Model Student Teams Achievement DivisionuntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaMateriMengubahPecahankeBentukPersendanDesimalPadaPesertaDidikKelas V SD 2 Wergukulon. Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuria Kudus.DosenPembimbing (1) Drs. Masturi, MM(2) EkaZuliana, M.Pd. KataKunci:Student Teams Achievement Division, HasilBelajar, materiMengubahPecahankeBentukPersendanDesimal. Pembelajaran yang berpusatpada guru atauteacher centeredmengakibatkankurangnyakeaktifanpesertadidik, guru hanyamenjelaskanmateridanmemberikanlatihansoalsebagailatihanpesertadidik. Kurangnyaaktifitaspesertadidikdalamkegiatanpembelajaranmembawadampakpadarendahnyahasilbelajarpesertadidik.Permasalahandalampenelitiantindakankelasiniadalahbagaimanapenerapan model Student Teams Achievement Divisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateri mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimalpadapesertadidikkelas V semester 2 SD 2 Wergukulon.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulondenganmaterimengubahpecahankebentukpersendandesimaldenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division. Model pembelajaran yang digunakandalampenelitianiniadalah model Student Teams Achievement Division. Model inimerupakanvariasipembelajarankooperatif yang pelaksanaannyadimulaidenganpembentukankelompokheterogen yang beranggotakan 4-5 orang.Pesertadidikdalamkelompokbertanggungjawabuntukmemajukankelompoknya.Penilaiankelompokditentukanolehnilaikelompokmelaluidiskusidannilaiindividudalamkelompokmelaluites yang dikerjakansecaramandiri.Kelompok yang nilainya paling tinggiakanmemperolehpenghargaandari guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Wergukulon dengan subjekpenelitianiniadalah 21 pesertadidikkelas V. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Variabelbebas adalah model Student Teams Achievement Division.Sedangkan variabel terikatnyaadalah hasilbelajarmatematikapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulondenganmaterimengubahpecahankebentukpersendandesimal. Hasilpenelitianpadasiklus I menunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajardarirata-rata hasilbelajarmatematikaprasiklusadalah 58,33 denganketuntasanklasikal 29% meningkatmenjadi rata-rata hasilbelajar 69,70denganketuntasanklasikal 67%. Peningkatan yang terjadipadasiklus II adalah rata-rata hasilbelajar 81,05denganketuntasanklasikal 100%. Peningkatan yang terjadipadahasilbelajarmatematikajugadidukungolehpeningkatanaktifitaspesertadidikdalampembelajarandenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division. Hal inidapatdilihatdariskor rata-rata aktivitaspesertadidiksiklus I adalah 1,60dengankategoriaktivitaspesertadidikdalampembelajarankurangbaikmenjadiskor rata-rata 3,11 dengankategoriaktivitaspesertadidikdalampembelajaranbaikpadasiklus II. DalamPenggelolaanpembelajaran yang dilakukanguru praktikandenganmenggunakan model Student Teams Achievement Division jugamengalamimeningkatan. Hal inidapatdilihatdariskor rata-rata penggelolaanpembelajaransiklus I adalah 2,19dengankategoripembelajarancukupbaikmenjadiskor rata-rata 3,26 dengankategoripembelajaransangatbaikpadasiklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapanmodel Student Team Achievement DivisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateriMengubahPecahankeBentukPersendanDesimalpadasiswakelas V SD 2 Wergukulon. Simpulan yang dapatdiambildaripenelitianiniadalahpenerapan model Student Teams Achievement Divisiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterimengubahpecahankebentukpersendandesimalpadapesertadidikkelas V SD 2 Wergukulon. Penelitimenyarankanbagigurusekolahdasaruntukdapatmenerapkanmodel Student Teams Achievement Divisionsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdanmengajakketerlibatanaktifpesertadidikdalamprosespembelajaran agar terciptasuasanabelajar yang menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing:Drs.Masturi,MM |
Kata Kunci: | pendidikan dasar,PGSD |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2014 01:42 |
Last Modified: | 12 Mar 2014 01:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2395 |
Actions (login required)
View Item |