Pengaruh permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar materi ipas di kelas iv sd negeri kropak 02

DIANA FITRIA, NUR (2024) Pengaruh permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar materi ipas di kelas iv sd negeri kropak 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Metode dan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan mampu memberikan hasil belajar yang bagus. Akan tetapi hasil studi penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Kropak 02, penyampaian pembelajaran masih monoton. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah merasa bosan dan sulit mendapatkan hasil belajar yang bagus. Peneliti melakukan eksperimen pembelajaran menggunakan permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif pada materi IPAS di kelas IV SDN Kropak 02. Tujuannya untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran IPAS menggunakan metode permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif dan seberapa besar peningkatan hasil belajar IPAS menggunakan metode permainan rangkig satu berbantuan powerpoint interaktif. Permainan rangking satu adalah metode pembelajaran berupa permainan yang cara mainnya yaitu setiap kelompok menjawab satu persatu soal yang diberikan guru. Setiap kelompok yang salah menjawab tidak diperbolehkan mengikuti pertanyaan selanjutnya. Media powerpoint interaktif adalah media untuk membantu penyampaian presentasi dengan dilengkapi beberapa menu yang dapat dikontrol oleh pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis pre-eksperimental design tipe one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis berupa pretest dan posttest, serta wawancara dan observasi yang dilakukan pada studi penelitian. Analisis data pada penelitian ini berupa analisis uji paired sample t-tast dan uji n-gain. Hasil penelitian ini membuktikan adanya perbedaan rata-rata skor pretestposttest pada pembelajaran IPAS materi norma, adat istiadat, dan peraturan di kelas IV yang disampaikan menggunakan metode permainan rangking satu berbantuan powerpont interaktif. Pernyataan ini dibuktikan dari nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000, serta terdapat peningkatan hasil belajar IPAS ditunjukkan dari hasil uji Ngain sebesar 0,6049 sebelum dan sesudah adanya perlakukan metode permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan pada pretest-posttest IPAS materi norma, adat istidat, dan peraturan yang disampaikan menggunakan metode permainan rangking satu berbantuan powerpoint interaktif hal ini ditunjukan dengan hasil Uji paired sample t test serta hasil Uji N-gain yang telah didapatkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Permainan Rangking Satu, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 07:09
Last Modified: 22 May 2025 07:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item