NOOR FAIZA, MARLIANA (2024) Peningkatan keterampilan menulis teks narasi melalui model ttw berbantu media koral pada peserta didik kelas iv sd 3 jurang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami peserta didik kelas IV SD 3 Jurang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks narasi. Dibuktikan dengan presentase menulis peserta didik dikelas sebelumnya sebesar 35,3% peserta didik tuntas. Penyebabnya pendidik belum menggunakan media, peserta didik masih cenderung pasif, masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan model TTW untuk diterpakan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil keterampilan menulis peserta didik, keterampilan guru, aktivitas peserta didik dan pemahaman menulis teks narasi melalui model Think Talk Write berbantu media KORAL (Komik Kearifan Lokal) pada peserta didik kelas IV SD 3 Jurang. Model dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat komponen, diantaranya: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 3 Jurang tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 17 peserta didik, terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : keterampilan guru terdapat peningkatan siklus I 79% kategori baik, sedangkan siklus II mencapai persentase 95% kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik siklus I mencapai presentase 62,7% kategori baik, sedangkan siklus II mencapai presentase 78,3% kategori baik. Terdapat peningkatan keterampilan menulis siklus I rata-rata 69 mencapai presentase 53%, sedangkan siklus II rata-rata 80 mencapai presentase 82,4% sehingga pada siklus iI dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media KORAL dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi, aktivitas belajar peserta didik, dan keterampilan mengajar guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.intang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Luthfa Nugraheni, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Think Talk Write, Komik Kearifan Lokal, Menulis Teks Narasi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:39 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
