AINUL FARAH, NABILA (2024) Engaruh model problem based learning berbantuan nessa berbasis kearifan lokal terhadap pemahaman konsep ipas kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya melalui media pembelajaran, diukur dari hasil pemahaman konsep peserta didik. Rendahnya pemahaman konsep IPAS pada materi (Indonesiaku Kaya Raya), Topik C (Indonesiaku Kaya Alamnya) kelas 5 SD Negeri 2 Bendanpete. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning berbantuan media NESSA berbasis kearifan berpengaruh terhadap hasil pemahaman kosep peserta didik dan seberapa besar peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik materi IPAS SD Negeri 2 Bendanpete. Media NESSA berbasis kearifan lokal ini merupakan media pembelajaran yang menyediakan beberapa fitur NESSA merupakan aplikasi pembelajaran IPA yang dikembangkan melalui software Smart Apps Creator (SAC). Sesuai dengan nama media tersebut NESSA (Natural Resources Sains), Memiliki materi-materi yang dibahas dengan campuran adat dan ciri khas ukiran Jepara. Model dan media tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik materi (Indonesiaku Kaya Raya), Topik C (Indonesiaku Kaya Alamnya). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas V SD 3 Negeri 2 Bendanpete yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan non- probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model PBL berbantuan media NESSA dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 69,2% yang berati artinya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dikategorikan cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penggunaan model PBL berbantuan media NESSA terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil pemahaman konsep saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (2) terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media NESSA pada Pelajaran IPAS BAB 6 Indonesia 6 (Indonesiaku Kaya Raya), Topik C (Indonesiaku Kaya Alamnya).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | roblem Based Learning, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:56 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
