Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan karangan deskripsi siswa kelas v sd 6 jekulo

MIRANTI, FIKA YUNIA (2024) Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan karangan deskripsi siswa kelas v sd 6 jekulo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Pada keterampilan menulis, pengunaan tata bahasa yang baik adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca merupakan aspek penting dalam keterampilan menulis yang sering kali menjadi tantangan bagi siswa pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, dan upaya guru untuk mengatasi kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang dilakukan oleh siswa. Karangan deskripsi adalah sebuah karangan atau tulisan yang menggambarkan suatu objek dengan sejelas-jelasnya sehingga objek tersebut tampak nyata dan kita seakan-akan ikut merasakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jneis penelitian naratif. Penelitian dilaksanakan di SD 6 Jekulo dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini berupa penggalan karangan deskripsi siswa yang mengandung kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan deskripsi siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, teknik pencatatan, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode padan dan metode agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan huruf kapital yang dilakukan oleh siswa terdiri dari kesalahan pada awal kalimat, kesalahan nama bulan, kesalahan nama geografi, kesalahan nama orang, dan kesalahan posisi huruf kapital. Kesalahan paling sering dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan posisi huruf kapital. Kesalahan tanda baca yang dilakukan oleh siswa terdiri dari kesalahan tanda baca titik, tanda baca koma, tanda baca titik dua, tanda baca tanya, dan tanda baca hubung. Faktor internal penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yaitu siswa tergesa – gesa saat menulis, rendahnya motivasi siswa untuk membaca PUEBI, dan kebiasaan buruk siswa saat menulis. Faktor eksternal yaitu pengaruh media sosial dan keterbatasan waktu mengajar. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan siswa dengan memberikan umpan balik ke siswa dan mencoba mengintegrasikan keterampilan menulis ke mata pelajaran lain. Guru hendaknya memberikan latihan yang lebih terarah dan insentif, serta menggunakan pendekatan yang variatif untuk meningkatkan pemahaman terhadap aturan kebahasaan. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat mengurangi kesalahan dalam penulisan karangan deskripsi dan meningkatkan keterampilan menulis secara keseluruhan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Agus Darmuki, M.Pd.
Kata Kunci: Huruf Kapital, Tanda Baca, Karangan Deskripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 03:21
Last Modified: 23 May 2025 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item