PURBANIADATIKA, AJENG (2024) Keefektifan komik digital berbasis kearifan lokal batik kudus terhadap literasi budaya peserta didik kelas 5 sd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Pelajar perlu menguasai literasi budaya pada abad ke-21 ini, sebab membudayakan literasi menjadi langkah paling penting untuk pengembangan kemampuan dan wawasan pada peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan rata-rata literasi budaya peserta didik kelas 5 dengan penggunaan media komik digital berbasis kearifan lokal batik kudus dan mengukur keefektifan media komik digital berbasis kearifan lokal batik kudus dalam meningkatkan literasi budaya peserta didik kelas 5. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 2 Tenggeles dengan subjek penelitian kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Paired T-Test dan N-Gain. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 12 siswa, sampel penelitian hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas 5. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini berupa tes kognitif yang disajikan dalam bentuk isian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital berpengaruh terhadap literasi budaya siswa dikarenakan hasi uji Paired T-test tersebut menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0.05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh signifikan antara media pembelajaran komik digital batik kudus dengan literasi budaya siswa. Penerapan media komik digital batik kudus mampu mempengaruhi peningkatan literasi budaya siswa sekolah dasar dengan adanya peningkatan antara skor pretest dan posttest dari rata-rata 62,77 meningkat menjadi 82,77 Peningkatan nilai tersebut memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,7684 dengan kategori tinggi dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya pada siswa kelas 5 karena memiliki presentase 76%. Literasi budaya penting untuk dikembangkan pada anak khususnya pada siswa sekolah dasar agar mereka dapat memahami kompleksitas budaya, mengetahui budaya sendiri, dan memiliki kepedulian terhadap budaya. Dapat disimpulkan bahwa komik digital batik Kudus berpengaruh terhadap literasi budaya siswa sekolah dasar karena kesesuaian gaya belajar, dimana saat ini adalah era digitalisasi yang memiliki kemudahan dalam memperoleh maupun membagikan informasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | komik digital, kearifan lokal, literasi budaya |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:37 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
