Analisis program gerakan literasi sekolah (gls) melalui pemanfaatan pojok baca sdn 2 bendanpete

KHARISMA, NOVA (2024) Analisis program gerakan literasi sekolah (gls) melalui pemanfaatan pojok baca sdn 2 bendanpete. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Literasi menjadi bagian penting dalam diri peserta didik, namun fenomena rendahnya literasi terdapat SDN 2 Bendanpete bahwa peserta didik masih memiliki literasi membaca yang rendah, pihak sekolah berupaya meningkatkan literasi peserta didik dengan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan salah satunya dengan penggunaan fasilitas pojok baca. Namun ditemukan jika pojok baca pada setiap kelas memiliki kondisi yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan mengkaji lebih dalam terkait pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui pemanfaatan pojok baca SDN 2 Bendanpete. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya pemelajar sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Pojok baca adalah sebuah sudut baca di ruang kelas yang ditata sedemikian rupa dengan dilengkapi berbagai koleksi buku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Bendanpete dengan subjek kepala sekolah, guru kelas, dan dua perwakilan peserta didik setiap kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilihat dari adanya aspek perencanaan yang dilakukan dengan menentukan tujuan, pembentukan Tim Gerakan Literasi Sekolah (TGLS), menentukan kegiatan, dan menyediakan sarana dan prasarana. Pelaksanaan dengan kegiatan seperti 15 menit membaca, juz amma kunjungan perpustakaan, pojok baca, dan karyaku. Serta evaluasi dengan melakukan rapat setiap 6 bulan untuk membahas perkembangan literasi peserta didik dan sejauh mana kegiatan telah berlangsung. Pemanfaatan pojok baca yang dilakukan peserta didik kelas I mengalami pencopotan akibat tidak kuat menopang buku, kelas II mengalami kerusakan akibat kurang diperlakukan dengan baik, kelas III mengalami kerusakan karena penyalahgunaan, kelas IV mengalami tidak kuat menopang banyak buku, kelas V berjalan dengan baik dengan tambahan hiasan, kelas VI tidak mampu menopang banyak buku dan kurangnya hiasan yang menarik. Penelitian ini hendaknya kepala sekolah melakukan peninjauan ulang terkait sarana dan prasarana yang ada, sehingga fasilitas seperti pojok baca yang sudah rusak dan tidak kokoh dapat diperbaiki sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik secara optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr.Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Literasi, Gerakan Literasi Sekolah, Pojok Baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 06:44
Last Modified: 23 May 2025 06:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23979

Actions (login required)

View Item View Item