Upaya meningkatkan nilai karakter gotong royong siswa dengan bantuan media erang (engklek orang) pada pelajaran pendidikan pancasila kelas 5 sdn 2 undaan lor kudus

Astari, Nia Ditta (2024) Upaya meningkatkan nilai karakter gotong royong siswa dengan bantuan media erang (engklek orang) pada pelajaran pendidikan pancasila kelas 5 sdn 2 undaan lor kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Berdasarkan permasalahan yang terjadi dikelas V SD 2 Undaan Lor ada siswa yang memiliki sifat individualis, tidak mau membantu temannya yang sedang kesusahan, perbedaan pendapat antar siswa, adanya siswa yang merasa tidak mampu dan tidak percaya diri, serta kurangnya sosialisasi akan pentingnya gotong royong. Hal ini menyangkut pada pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu pada materi Pancasila Dalam Kehidupanku Bab 1 dengan topik gotong royong, siswa masih dapat dikatakan belum cukup baik dalam menerapkannya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai karakter gotong royong pada siswa dengan menggunakan bantuan media permainan tradisional yaitu ERANG (engklek orang). Adapun salah satu cara meningkatkan nilai karakter gotong royong pada siswa dapat menggunakan bantuan media permainan tradisional salah satunya yaitu engklek orang. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD N 2 Undaan Lor dengan subjek penelitian 28 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan masing-masing siklus berlangsung selama 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Penelitian pada prasiklus siswa memperoleh nilai tuntas 8 siswa dan tidak tuntas sebanyak 20 siswa, setelah dilakukan penelitian pada siklus 1 memperoleh nilai tuntas 16 siswa dan tidak tuntas sebanyak 12, kemudian peneliti melakukan penelitian siklus 2 yang bertujuan agar siswa memperoleh nilai ketuntasan diatas kkm. Setelah dilakukan penelitian siklus 2 terdapat semua siswa memperoleh nilai diatas kkm dengan nilai paling sedikitnya yaitu kkm dengan skor 70 dan nilai tertingginya yaitu 93. Penelitian siklus 1 dengan presentase 61% dan presentase siklus 2 100%. Berdasarkan observasi siklus 2, keterampilan guru dalam memberi penguatan, membuka dan menutup pelajaran, mengajar kelompok kecil dan perorangan, mengelola kelas, serta membimbing diskusi kelompok kecil semuanya mengalami peningkatan. Guru memberikan umpan balik yang konstruktif, menarik perhatian siswa, memfasilitasi pembelajaran kelompok dan individu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Mohammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.
Kata Kunci: Karakter Gotong Royong, Erang, Pendidikan Pancasila.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 01:39
Last Modified: 24 May 2025 01:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item