AYU MAWARDA, LAYYINA (2024) Efektivitas penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas vi sd 6 jekulo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang rendah yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis perbedaan ratarata antara skor pretest dan posttest siswa sebeum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group investigation berbantuan media Mind mapping dalam muatan pembelajaran IPAS pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI SD 6 Jekulo. (2) Mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan muatan Pembelajaran IPAS pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI SD 6 Jekulo dengan menggunakan model pembelajaran Group investigation berbantuan media Mind mapping. Model Pembelajaran Group investigation berbantuan media Mind mapping adalah model dan media pembelajaran yang memiliki struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pada interaksi peserta didik dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan dengan media mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan menggunankan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD 6 Jekulo yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan teknik sampel non-probality sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas expert judgement, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian dari uji paired sample menunjukkan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, maka terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 36,3 sedangkan rata-rata nilai posttest 75,8. Dengan presentase nilai N-gain mendapatkan 63,2% yang menunjukkan penafsiran tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest dan skor posttest siswa sebelum dan sesudah perlakuan, dan (2) adanya peningkatan skor pretest dan skor posttest sebelum dan sesudah perlakuan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kreatif, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Model Pembelajaran Group investigation, Media Mind mapping |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 01:44 |
Last Modified: | 24 May 2025 01:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
